Rabu, 09 September 2020

Taati Protokol Kesehatan, Simak Aturan Pemakaian Print Masker Menurut WHO


Taati Protokol Kesehatan, Simak Aturan Pemakaian Print Masker Menurut WHO

Di tengah masa pembatasan sosial berskala besar atau PSBB transisi ini, sebagian masyarakat mulai menjalani rutinitas di luar rumah seperti bekerja atau yang lainnya. Namun, era new normal ini tidak boleh lupa untuk selalu membawa masker sebagai tindakan pencegahan penularan virus corona. Berbagai jenis masker pun diproduksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, salah satunya print masker. Simak aturan pemakaian masker menurut WHO berikut ini.

Aturan Pemakaian Masker Menurut WHO

1. Mencuci Tangan Sebelum Menyentuh Masker

Cara pemakaian masker yang pertama menurut World Helath Organization atau WHO adalah dengan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh masker. Bersihkan tangan menggunakan alkohol atau mencucinya dengan sabun dan air. Dengan begitu, kuman-kuman yang ada di tangan anda akan hilang dan menjadi steril kembali. Anda juga bisa membersihkan tangan anda menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol.

2. Periksa Permukaan Masker

Sebelum anda mengenakan masker, periksa terlebih dahulu permukaan masker anda apakah masih bersih atau sudah kotor. Jika benda satu ini rusak dan kotor maka segeralah ganti dengan masker lainnya. Karena masker yang berbahan kain ini, jika sering kali digunakan maka akan banyak kuman yang menempel pada permukaannya. Sehingga print masker harus selalu diperhatikan kebersihannya.

Pada saat anda membelinya, usahakan anda telah memilih jenis masker yang nyaman untuk digunakan terutama pada permukaannya. Utamakan permukaan kain yang tebal yang memiliki bahan anti-bacterial. Jangan pilih permukaan kain yang gampang lembap. Sehingga bisa menangkal berbagai jenis kuman dan bakteri dari luar agar tidak masuk ke dalam tubuh melalui mulut dan hidung.

3. Masker Harus Menutup Mulut, Hidung, dan Dagu

Aturan yang selanjutnya adalah masker yang anda gunakan haruslah masker yang bisa menutup mulut, hidung, dan dagu. Maka dari itu, anda harus mengecek ukuran masker sebelum anda membelinya. Cocokan ukurannya dengan ukuran wajah anda. Jangan sampai kekecilan, karena print masker yang kecil akan membuat anda kesulitan bernapas. Usahakan pula masker tidak terlalu kebesaran, agar tidak ada celah di maskernya untuk mencegah masuknya virus.

4. Jangan Menyentuh Masker Saat Digunakan

Saat anda sedang memakai masker, jangan sekali-kali untuk menyentuhnya. Karena pada permukaannya banyak sekali kuman-kuman dari luar yang menempel pada masker. Jika anda telah menyentuhnya, maka segera cuci tangan anda dengan air mengalir dan sabun atau bersihkan dengan handsanitizer yang berbahan alkohol. Usahakan juga ketika telah menyentuhnya, tangan anda tidak memegang atau menyentuh bagian wajah yang lainnya.

5. Ganti Masker Sesering Mungkin

Usahakan untuk mengganti masker secara rutin, saat selesai memakainya. Ketika print masker sudah terasa lembap maka segeralah untuk menggantinya. Benda satu ini harus segera dicuci dan dibersihkan agar kuman-kuman yang di dalamnya hilang. Cuci dengan benar, jangan gunakan mesin cuci agar masker tidak cepat rusak. Jemur di tempat yang teduh, namun masih ada sinar mataharinya.

6. Lepaskan Masker dari Belakang

Jika anda ingin mengganti masker, maka lepaskan masker dari belakang. Usahakan agar tidak menyentuh bagian depan masker. Karena bagian depannya terdapat berbagai kuman yang menempel.  Bukalah masker mulai dari tali pengikatnya yang ada di bagian belakang kepala. Lalu cuci masker dengan menggunakan air dan detergen cair atau bubuk. Namun, diusahakan dengan detergen cair agar tidak ada serbuk putih yang menempel.

Dengan mengikuti beberapa aturan pemakaian masker menurut World Health Organization atau WHO ini, maka anda akan terhindar dari berbagai macam virus jahat yang mengancam kesehatan anda. Pilih juga masker yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tetap jaga kebersihan tangan ketika menyentuh masker agar kumannya tidak menyebar ke bagian tubuh yang lainnya terutama wajah.


0 komentar:

Posting Komentar