Senin, 24 Agustus 2020

Cara Mudah Mengatur Keuangan agar Lebih Tertata


Cara Mudah Mengatur Keuangan agar Lebih Tertata

Manajemen keuangan ialah kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan, pengelolaan, penyimpanan dan pengendalian dana ataupun aset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Keuanganlah yang menjadi pondasi kuat berdirinya sebuah perusahaan. Keuangan juga memiliki sifat yang riskan. Jika ia tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi amburadul dan dapat menghentikan jalannya suatu perusahaan. oleh karenanya, dalam sebuah perusahaan diperlukan bidang khusus yang menangani bagian keuangan.

Tujuan Adanya Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan haruslah memiliki tujuan yang jelas, beberapa tujuannya yaitu:

- Menjaga arus kas

Keluar masuknya uang kas dalam perusahaan harus dipantau terus menerus agar tidak terjadi pembengkakan. Pembengkakan dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan itu.

- Memaksimalkan keuangan perusahaan

Selain mengawasi keuangan, tugas dari pengaturan keuangan ialah melihat aktivitas anggaran dana yang tidak menguntungkan bagi perusahaan yang dapat diganti atau dihilangkan dengan aktivitas lain yang menguntungkan.

- Mempersiapkan struktur modal

Seorang manajer keuangan haruslah menyeimbangkan anggaran yang dimiliki dengan dana yang dipinjam perusahaan, ini dapat berguna dalam merancang struktur modal.

- Memaksimalkan keuntungan

Apabila dalam merencanakan keuangan tepat maka keuntungan yang diperoleh akan maksimal dalam jangka waktu yang panjang.

- Meningkatkan efisiensi

Efisiensi dana akan terus menerus meningkat apabila dalam penganggaran dana sesuai pada semua aspek yang ada.

- Memastikan kelangsungan hidup perusahaan

Dalam hal mengatur dana, manajer keuanganlah yang memegang peranan penting alurnya sebuah perusahaan. Apabila ia mampu mengambil keputusan yang tepat maka perusahaan yang dipegang akan tetap bertahan dalam persaingan bisnis. Sebaliknya, jika keputusan yang diambil tidak hati-hati maka akan menyebabkan perusahaan bangkrut.

Cara Mengatur Keuangan

Ada banyak cara dalam mengelola keuangan, Anda bisa memilih manakah yang sesuai untuk diterapkan. Berikut cara yang tepat untuk mengatur keuangan bagi Anda.

1. Buatlah anggaran keuangan

Dengan adanya anggaran diharapkan uang dapat digunakan dengan tepat. Buatlah skala prioritas untuk menghindarkan Anda membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan.

2. Lunasi hutang

Cara mengatur keuangan yang baik agar tertata rapi ialah dengan tidak memiliki hutang, meskipun berhutang itu tidak ada salahnya. Jika Anda memang memiliki hutang maka haruslah segera untuk dilunasi agar tidak menjadi beban yang berat pada akhirnya.

3. Investasikan sebagian uang yang ada

Melakukan investasi adalah suatu hal yang diharuskan, sebab itu dapat menjadi salah satu tabungan yang menguntungkan di masa depan.

4. Catat pengeluaran bulanan

Setiap melakukan pembelian atau apapun yang mengeluarkan uang, Anda perlu mencatatnya. Hal itu dapat Anda jadikan untuk bahan evaluasi dalam pengelolaan kas yang Anda miliki.

Anda harus pandai-pandai dalam memanajemen keuangan usaha agar lebih tertata. Hal itu akan memudahkan Anda setiap akan melakukan transaksi apapun. Nah di era teknologi saat ini, untuk mengatur keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi di gadget seperti BukuKas misalnya. Dengan BukuKas, aplikasi pengatur keuangan tersebut dapat memberikan lebih dari sekadar kemudahan dalam pengatur keuangan usaha Anda melalui gadget. Penasaran bukan? Ayo segera instal di Hp Anda!


0 komentar:

Posting Komentar