Sabtu, 07 Desember 2019

Yuk Cari Tahu 5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin!


Yuk Cari Tahu 5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin!

Udara yang dingin dan sejuk dari AC bagaikan angin surga, yang bisa menenangkan suasana hati di tengah kemacetan jalan raya di siang yang terik. Inilah salah satu alasan utama kebanyakan orang memilih trasnportasi online mobil, jika tidak mempunyai kendaraan pribadi. Namun pernahkah anda mengalami suhu AC mobil tidak dingin padahal sudah dinyalakan maksimal? Apa yang menjadi penyebab AC tidak mengeluarkan udara dingin?

Kondisi AC yang hanya mengeluarkan angin, tentu membuat perjalanan anda tidak nyaman terutama jika temperatur udara pada hari itu mencapai 32 derajat Celcius panasnya. Ini berarti terjadi masalah atau kerusakan pada komponen AC mobil, sehingga tidak bisa bekerja dengan optimal. Kamu perlu mewaspadai hal hal berikut ini, yang menjadi penyebab AC mobil tidak mengeluarkan udara dingin.

5 Penyebab Utama AC Mobil Tidak Mengeluarkan Udara Yang Sejuk

1. Evaporator AC Kotor

Sirkulasi udara AC mobil akan terhambat oleh kotoran dan debu yang bersarang di bagian evaporator AC. Banyaknya kotoran yang memenuhi ruang evaporator membuat sirkulasi udara tersumbat, sehingga udara yang dihembuskan hanya hembusan angin yang membawa debu dan tidak terasa dingin. Karena itulah kamu harus rutin membersihkan evaporator AC di bengkel khusus service AC.

2. Filter AC Tersumbat Kotoran

Tidak jauh berbeda dari evaporator yang penuh debu, AC mobil tidak dingin bisa saja dikarenakan kondisi filter yang tersumbat oleh kotoran. Perlu kamu tahu bahwa debu dan kotoran dari kabin mobil yang kurang bersih, beresiko masuk ke dalam ruang filter AC dan menumpuk disana jika filter juga tidak pernah dibersihkan. Makanya udara yang keluar dari AC menjadi tidak sejuk, dan kamu akan tetap merasa gerah meski AC sudah dinyalakan.

3. Freon AC Habis

Freon ini berfungsi sebagai pendingin sistem AC, sama dengan darah di dalam tubuh yang harus terus mengalir dengan lancar agar manusia tetap hidup. Kekurangan freon bisa menyebabkan AC tidak bekerja dengan optimal, apalagi jika AC mobil kehabisan cairan freon karena mengalami kebocoran. Freon yang bocor bisa jadi akibat kondisi komponen karet atau valve kompresornya yang sudah rusak, sehingga perlu segera diservis atau diganti.

4. Kondensor Tidak Bersih

Kondensor merupakan salah satu komponen mobil yang rentan tercemar kotoran selama anda berkendara. Kondensor bisa saja kotor karena lumpur, debu, dan kotoran kotoran lainnya yang menghambat proses kondensasi. Jika kondensor yang kotor tidak segera dibersihkan bengkel SuperCar.ID, maka udara yang dikeluarkan AC mobil tidak dingin dan lama kelamaan bisa beresiko merusak komponen AC yang lainnya.

5. Motor Extra Fan Tidak Bekerja

Penyebab AC mobil menjadi tidak sejuk dan dingin berikutnya, adalah karena motor extra fan yang tidak bekerja dengan optimal atau bahkan mati. Jika komponen penggerak extra fan ini putarannya melemah atau bahkan tidak hidup sama sekali, maka kamu harus segera menggantinya dengan yang baru. Jika masalah ini dibiarkan, maka proses kondensasi tidak bisa berjalan maksimal dan menyebabkan udara yang keluar dari AC mobil tidak dingin.

Untuk menghindari hal hal tersebut, maka sebaiknya kamu selalu membersihkan dan menjadwalkan service AC setiap 3 hingga 6 bulan sekali. Kamu bisa membawa mobilmu ke bengkel service mobil profesional di supercar.id. Kecil kemungkinan terjadi masalah masalah seputar udara AC yang tidak sejuk, jika kamu service AC mobil dengan baik secara rutin. Sudahkah kamu memeriksa kebersihan dan kondisi komponen AC mobilmu bulan ini?



0 komentar:

Posting Komentar