Rabu, 24 April 2019

Peluang Bisnis Lewat Blog


Anda memiliki hobi nge-blog? Jika iya, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan hobi tersebut untuk mendapatkan uang. Ada beragam peluang bisnis lewat blog yang dapat Anda coba. Berikut beberapa cara untuk menghasilkan uang melalui blog.
  1. Hasilkan Uang Lewat Iklan PPC
Pay per click (PPC) merupakan jenis bisnis online di mana Anda akan mendapatkan uang berdasarkan klik pengunjung pada iklan yang dipasang di blog Anda. Keuntungan menjalankan PPC adalah, Anda tidak perlu repot mencari pengiklan. Para penyedia PPC lah yang akan menyediakannya untuk Anda. Contoh penyedia PPC yang paling populer adalah Google AdSense dan KlikSaya.
Kesuksesan menjalankan bisnis ini, bergantung pada traffic blog Anda. Semakin tinggi traffic pengunjung blog Anda, maka potensi keuntungan yang bisa Anda peroleh akan semakin besar. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan jumlah pengunjung serta mengoptimasi penempatan iklan serta tampilan blog Anda agar semakin banyak yang meng-klik.


peluang bisnis lewat blog
Credit : Promo Affiliates
  1. Menyediakan Jasa
Jika Anda memiliki keahlian khusus, maka ini bisa menjadi kesempatan untuk meraup keuntungan. Gali dan optimalkan potensi yang Anda miliki, lalu tawarkan pada blog Anda.  Buatlah postingan-postingan  menarik tentang keahlian Anda.
Misalnya, jika Anda memiliki kemampuan membuat logo, mendesain blog, membuat artikel, menerjemahkan tulisan berbahasa asing, dan lain sebagainya, maka jangan ragu untuk ‘memamerkan’ hasil pekerjaan Anda pada blog. Yang diperlukan jika Anda ingin menjalankan bisnis jasa melalui blog adalah ketekunan dalam marketing. Anda juga dapat memanfaatkan bantuan perantara untuk mencari klien. Tetapi perlu diingat, apabila Anda menggunakan jasa perantara, maka Anda harus berbagi hasil.
  1. Mengikuti Program Afiliasi
Afiliasi merupakan bisnis online dengan cara mempromosikan produk atau jasa orang lain. Umumnya, Anda tidak perlu membeli produk tersebut untuk menjadi affiliate-nya. Kelebihan utama bisnis afiliasi ini adalah Anda cukup membuat review atau menampilkan banner produk atau jasa tersebut pada blog Anda tanpa perlu repot membuat produk.
Beberapa contoh bisnis afiliasi adalah afiliasi ebook, software, hosting, dan lain sebagainya. Yang perlu Anda perhatikan adalah, jumlah penghasilan Anda tergantung pada jumlah pengunjung yang membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Karena itu, sangat penting untuk meningkatkan traffic pengunjung blog agar semakin banyak orang yang melihat penawaran Anda. Jangan lupa, jaga niche blog agar klien tertarik memasang iklannya pada blog Anda.


peluang bisnis lewat blog
Credit : biteus.net

  1. Menyediakan Tempat Iklan Mandiri
Apabila blog Anda memiliki traffic yang tinggi, maka bersiaplah untuk dilirik oleh para pebisnis online. Yang Anda perlukan adalah menyediakan spot iklan padai blog Anda yang dapat disewa oleh para pebisnis online. Biasanya, iklan mandiri ini berupa banner dengan bermacam ukuran, contohnya 125×125, 300×250, 160×600, dan 780×90.
Potensi bisnis ini cukup menggiurkan bagi para pemilik blog dengan traffic tinggi. Biasanya, tarif menyewahkan space iklan oleh blog yang memiliki banyak pengunjung harian berkisar antara 1,5 hingga 2,5 juta, tergantung spot iklan. Seorang blogger asal Makassar yang traffic pengunjungnya mencapai 100.000 pengunjung per hari, bahkan bisa memperoleh 10juta perbulan dari bisnis ini.
Baca juga : 
  1. Menjual Theme atau Plugin
Anda juga dapat menjual theme atau plugin melalui blog Anda. Contoh theme yang banyak dicari adalah theme untuk AdSense, KlikSaya, toko online, atau afiliasi. Selain itu, Anda juga dapat menyediakan plugin untuk membuat tabel responsif. Keuntungan bisnis ini cukup besar. Namun apabila Anda tidak dapat membuat theme dan plugin sendiri, Anda tentu harus mengeluarkan modal besar terlebih dulu untuk membayar jasa progammer. Nantinya, selisih harga jual dan biaya programmer akan masuk ke kantong Anda.


peluang bisnis lewat blog
Menjual theme atau plugin lewat blog


Demikianlah beberapa peluang bisnis lewat blog yang dapat Anda coba. Yang perlu Anda ingat adalah tidak ada bisnis yang instan. Anda harus tekun dan sabar untuk memperoleh hasil yang besar. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar